Hari raya Idul Fitri atau lebaran hanya menghitung waktu saja. Hari raya tersebut tentunya sangatlah dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam. Masing-masing negara tentunya memiliki cara sendiri-sendiri untuk merayakan hari yang fitri ini. Rakyat Indonesia pun memiliki tradisi lebaran tersendiri yang unik dan tetap lestari selama puluhan tahun. Apakah Anda sering melakukan tradisi lebaran tahunan ini?

Mudik

Bagi Anda yang tinggal di perantauan, tentunya sangatlah lumrah untuk pulang ke kampung halaman paling tidak sekali atau dua kali dalam setahun. Namun, aktivitas pulang kampung di hari raya Idul Fitri memang terasa lebih spesial. Salah satu alasan yang membuat hari raya lebaran ini terasa sangat istimewa adalah karena Anda dapat berkumpul bersama sanak saudara dan keluarga. Rasa rindu pada orangtua pun seakan terobati setelah Anda pulang kampung di hari raya yang suci tersebut. Tak heran, Anda rela menabung untuk membeli harga tiket yang memang menjadi sangat mahal bahkan beberapa minggu sebelum hari raya Idul Fitri tiba. Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi pun harus lihai dalam memilih tanggal keberangkatan. Supaya, perjalanan Anda lancar tanpa terhambat kemacetan.

Halal bi Halal

Selain mudik, tradisi lebaran di Indonesia yang juga tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari adalah halal bi halal. Secara esensi, halal bi halal adalah aktivitas berkunjung ke rumah sanak saudara dan tetangga untuk saling meminta maaf dan merawat tali silaturahmi. Selama Idul Fitri, tentunya Anda sangat disibukkan dengan anjangsana ke berbagai tempat. Bahkan, tak jarang Anda juga mendapatkan undangan halal bi halal dari perkumpulan reuni saat Anda bersekolah dulu.

Takbir Keliling

Ada satu alasan mengapa kebanyakan orang lebih memilih mudik dan sampai di kampung halaman sebelum malam terakhir Ramadhan. Ya, apa lagi jika bukan demi mendengarkan gegap gempita datangnya Idul Fitri lewat takbir keliling. Tidak hanya di kawasan pedesaan saja, Anda yang tinggal di perkotaan besar pun biasanya sangat menantikan pawai takbiran ini. Takbir keliling biasanya dilakukan oleh para pemuda berbusana muslim sambil berjalan kaki sambil menabuh bedug dan membawa obor. Umumnya, Anda menemukan pemandangan tersebut di pedesaan. Walaupun di area yang lebih modern, biasanya para pemuda tersebut juga menaiki truk dan bertakbir dengan sound system. Yang manapun itu, hal tersebut tentunya membuat kemeriahan Idul Fitri jadi semakin terasa.

Menyantap Ketupat

Jika Anda bepergian ke luar negeri, tentulah tidak akan menemukan ketupat saat perayaan Idul Fitri tiba. Ketupat memang merupakan makanan khas yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. Ketupat terbuat dari beras yang dibungkus di dalam anyaman daun janur yang kemudian kukus. Setelah matang, ketupat akan disajikan bersama dengan lauk bersantan, seperti opor ayam, rendang daging, dan pelengkap kerupuk udang. Walaupun, tiap daerah di Indonesia memiliki cara menyajikan ketupat yang berbeda-beda. Namun, tak salah jika ketupat memang menjadi salah satu makanan yang identik dengan datangnya hari raya lebaran.

Ziarah Makam

Tidak hanya bersilaturahmi pada kerabat yang masih hidup, Anda juga melakukan ziarah makam saat hari raya Idul Fitri tiba. Ziarah makam tersebut dilakukan dengan datang ke makam leluhur atau keluarga yang sudah meninggal dunia untuk memanjatkan doa untuk arwah mereka.

Demikianlah beberapa tradisi lebaran unik yang menarik untuk Anda ketahui. Salah satu hal yang juga paling dinantikan di hari lebaran adalah hujan promo di Alfamart. Anda dapat memanfaatkan berbagai macam promo menarik di minimarket ini untuk mendapatkan harga terbaik. Follow akun Instagram Alfamart untuk menemukan penawaran promo terbaru hanya untuk Anda.  

Comment here