Memberikan semua yang diinginkan buah hati sebenarnya adalah keinginan semua orang tua, termasuk dalam hal memberikan uang jajan yang cukup. Namun, di sisi lain Anda juga perlu melatih dan mengedukasi anak-anak sejak dini untuk berhemat serta mengatur keuangan mereka dengan baik sehingga mereka tidak terbiasa berbelanja “besar pasak daripada tiang”. Nah, salah satu trik yang bisa Anda ajarkan kepada anak ketika sedang membelanjakan uang sakunya di minimarket adalah dengan memanfaatkan promo cemilan yang ada. 

Mungkin Anda sudah terbiasa melakukan hal ini, akan tetapi bagi buah hati yang sedang belajar mengatur keuangan sendiri promo cemilan ini sangat berarti dan mereka membutuhkan bantuan Anda agar bisa mengambil manfaat dari program ini sebaik mungkin. Kira-kira hal apa saja ya, yang bisa Anda ajarkan untuk membantu si Kecil dengan promo cemilan ini?

Menyimak masa berlaku promo

Sebelum menggunakan uang jajan untuk membeli aneka cemilan yang disukai, ajarkan terlebih dahulu bahwa setiap promo memiliki masa berlaku. Misalnya saja promo cemilan bulan Oktober yang berarti hanya di bulan itu saja si Kecil bisa mendapatkan harga spesial ataupun diskon. Di luar bulan tersebut, dia mungkin tak bisa bebas membelanjakan uangnya untuk mendapatkan kue yang dia mau karena harganya mungkin akan berbeda dan tidak sesuai dengan uang jajan yang dimilikinya. Hal ini terlihat sepele, namun dengan memberikan pengertian macam ini anak akan memahami bahwa tidak sepanjang tahun mereka akan bisa mendapatkan cemilan favorit dengan harga terjangkau sehingga momen promo cemilan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Cek katalog sebelum berbelanja

Di katalog promo cemilan bulan Oktober yang Anda temukan di Alfamart jelas terlihat produk apa saja yang sedang diskon atau bahkan bonus apa saja yang bisa Anda dapatkan. Nah, ini menjadi hal kedua yang perlu diajarkan kepada buah hati bahwa katalog akan membantunya untuk menemukan cemilan yang disuka dan masuk dalam kategori promo. Hal ini penting untuk dilakukan supaya saat berbelanja anak bisa lebih fokus mencari item yang diinginkan tanpa banyak menoleh ke produk lain yang berbeda harga dan bisa jadi akan menghabiskan uang saku yang dimiliki. Selain lebih fokus, anak juga akan lebih bersemangat saat pergi ke minimarket karena mereka sudah membayangkan cemilan apa yang akan mereka temukan dan bisa dinikmati dengan uang saku yang dimiliki. 

Menghitung total harga cemilan yang harus dibayarkan

Hal ini sebenarnya juga berkaitan dengan katalog yang Anda dan buah hati lihat. Di promo cemilan yang sedang berlangsung, ada beragam jenis makanan ringan dan kue yang dijual dengan harga sangat terjangkau karena adanya potongan harga yang besar serta bonus menarik yang menanti. Namun demikian, harga yang murah itu jika diakumulasi bisa saja melebihi uang saku yang sengaja Anda berikan kepada si Kecil. Untuk menghindari pembelanjaan di luar budget, Anda bisa mengajarkannya untuk memperkirakan dan menghitung terlebih dahulu total belanja cemilan anak. Di sini Anda punya celah untuk memberikan saran-saran keuangan supaya uang sakunya tidak habis sehingga bisa ditabung atau digunakan di hari lain.

Promo cemilan bukan hanya tentang mendapatkan harga spesial dan lebih murah, namun juga bagaimana mengatur uang saku yang dimiliki agar tidak langsung habis dalam sehari. Dan mengajarkan anak mengatur keuangan sejak dini seperti ini akan membantu mereka lebih bijaksana dalam membelanjakan uangnya, yang akan sangat berguna hingga dia dewasa nanti.  

  

Comment here