Manfaat CSR Bagi Perusahaan, Apa Sajakah Itu?
Suatu perusahaan pada dasarnya tak hanya mengerjakan kewajiban yang sesuai dengan bidangnya saja. Coorporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan menjadi bukti kalau kepedulian sosial juga menjadi concern mereka. CSR sendiri adalah suatu konsep atau tindakan yang dilakukan oleh perusahaan sebagai rasa tanggung jawab perusahaan terhadap sosial maupun lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada, seperti melakukan suatu kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan menjaga lingkungan, memberikan beasiswa untuk anak tidak mampu di daerah tersebut, dana untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk membangun desa beserta fasilitas masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak. Khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada.
Alfamart menjadi salah satu perusahaan yang memiliki program CSR tersebut. Beberapa program CSR Alfamart bahkan bekerjasama langsung dengan organisasi internasional seperti WHO. Bukan sekedar formalitas belaka, CSR Alfamart dibentuk dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:
-
Meningkatkan Citra Perusahaan
Manfaat csr yang pertama dengan melakukan kegiatan CSR Alfamart, konsumen dapat lebih mengenal perusahaan sebagai perusahaan yang selalu melakukan kegiatan yang baik bagi masyarakat.
-
Memperkuat Brand Perusahaan
Manfaat csr yang kedua melalui kegiatan memberikan product knowledge kepada konsumen dengan cara membagikan produk secara gratis, dapat menimbulkan kesadaran konsumen akan keberadaan produk perusahaan sehingga dapat meningkatkan posisi brand perusahaan
-
Mengembangkan Kerja Sama dengan Para Pemangku Kepentingan
Manfaat csr yang ketiga dalam melaksanakan kegiatan CSR Alfamart, perusahaan tentunya tidak mampu mengerjakan sendiri, jadi harus dibantu dengan para pemangku kepentingan, seperti pemerintah daerah, masyarakat, dan universitas lokal. Maka perusahaan dapat membuka relasi yang baik dengan para pemangku kepentingan tersebut.
-
Membedakan Perusahaan dengan Pesaingnya
Manfaat csr yang keempat jika CSR Alfamart dilakukan sendiri oleh perusahaan, perusahaan mempunyai kesempatan menonjolkan keunggulan komparatifnya sehingga dapat membedakannya dengan pesaing yang menawarkan produk atau jasa yang sama.
-
Menghasilkan Inovasi dan Pembelajaran untuk Meningkatkan Pengaruh Perusahaan
Manfaat csr yang kelima memilih kegiatan CSR Alfamart yang sesuai dengan kegiatan utama perusahaan memerlukan kreativitas. Merencanakan CSR Alfamart secara konsisten dan berkala dapat memicu inovasi dalam perusahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan peran dan posisi perusahaan dalam bisnis global.
-
Membuka Akses untuk Investasi dan Pembiayaan bagi Perusahaan
Manfaat csr yang keenam para investor saat ini sudah mempunyai kesadaran akan pentingnya berinvestasi pada perusahaan yang telah melakukan CSR Alfamart. Demikian juga penyedia dana, seperti perbankan, lebih memprioritaskan pemberian bantuan dana pada perusahaan yang melakukan CSR Alfamart.
-
Meningkatkan Harga Saham
Manfaat csr yang ketujuh pada akhirnya jika perusahaan rutin melakukan CSR Alfamart yang sesuai dengan bisnis utamanya dan melakukannya dengan konsisten dan rutin, masyarakat bisnis (investor, kreditur,dll), pemerintah, akademisi, maupun konsumen akan makin mengenal perusahaan. Maka permintaan terhadap saham perusahaan akan naik dan otomatis harga saham perusahaan juga akan meningkat.
Yuk, Ikut Berdonasi Untuk CSR Alfamart!
Tunjukkan jiwa sosial Anda dengan menyalurkan donasi untuk kegiatan-kegiatan CSR Alfamart melalui 200 rupiah pada setiap transaksi di seluruh gerai Alfamart. Dengan cara sederhana tersebut, Anda sudah ikut berpartisipasi dalam memajukan dunia pendidikan Indonesia.
Baca Juga : Promo Gopay Alfamart
Comment here