Ketika Anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausahawan, satu hal yang kemudian menjadi prioritas utama Anda dalam berbisnis tentu saja kepuasan konsumen. Tak dapat dipungkiri, nilai yang diberikan konsumen akan sangat memberi pengaruh besar dalam bisnis yang sedang Anda tekuni. Terutama jika bisnis tersebut berfokus pada ritel FMCG (Fast Moving Consumer Goods) yang terdiri dari kebutuhan sehari-hari seperti makanan, minuman, obat-obatan, dan perlengkapan mandi. Selain faktor pelayanan, kepuasan konsumen pun bisa dengan mudah Anda peroleh dari produk yang Anda jual. Produk berkualitas adalah produk yang bisa memenuhi keinginan konsumen. Tak hanya memenuhi saja, bahkan akan lebih baik jika mampu memuaskan konsumen sehingga membuat mereka berencana untuk membeli kembali produknya.
Siapapun konsumennya tentu ingin membeli produk berkualitas tinggi, bukan? Apalagi jika produk tersebut dapat mempengaruhi kesehatannya. Untuk itu, sebagai seseorang yang proesional di dunia bisnis ritel, tentu Anda harus bisa menjamin setiap konsumen terpenuhi kebutuhannya dengan produk berkualitas dari toko Anda. Lantas, bagaimana cara menentukan produk berkualitas agar terus disukai konsumen?
-
Brand
Anda pasti setuju kalau brand suatu produk dapat menjadi tolak ukur yang kuat bagi seorang konsumen ketika melakukan pembelian. Contohnya brand sabun cair A diinfokan oleh supplier merupakan produk yang berasal dari Jepang, maka harus dipastikan bahwa brand tersebut minimal memiliki website yang bersifat International, dimana bisa menjamin orisinalitas produk tersebut. Selain itu, konsumen juga akan lebih memilih produk dengan brand yang sudah ternama dibandingkan brand baru yang belum jelas kualitasnya. Maka pastikan salah satu faktor ini betul-betul Anda cermati, demi menjual produk berkualitas serta rasa puas dari para konsumen Anda.
-
Tanggal Kadaluarsa
Hal ini penting Anda perhatikan terutama pada produk-produk makanan yang Anda jual. Ingatkan supplier untuk lebih teliti akan tanggal kadaluarsa makanan yang didistribusikan melalui gerai Anda. Pilihlah produk dengan umur ekonomis yang cukup panjang. Tidak ada salahnya jika Anda lebih cereweta dalam urusan ini, karena tanggal kadaluarsa erat hubungannya dengan kesehatan konsumen Anda. Jangan sampai Anda menjadi pihak yang disalahkan nantinya.
-
Produk Ramah Lingkungan
Saat ini dengan terus menurunnya kualitas lingkungan di sekitar kita, semakin menuntut produk yang ramah lingkungan, tidak hanya bahan baku yang digunakan saja yang harus ramah lingkungan, namun masa penggunaan dan sampah yang dihasilkan pun harus ramah lingkungan, syukur-syukur tidak menghasilkan sampah, dengan kata lain semua komponen dapat dikonsumsi oleh konsumen.
-
Lengkap
Bayangkan jika Anda ada di posisi konsumen. Produk yang lengkap pada suatu gerai tentu akan lebih dicari-cari. Lengkap berarti Anda menjual produk dengan ukuran beragam. Misalnya shampo dalam bentuk sachet, travel size, medium, hingga jumbo. Mengingat, kebutuhan setiap konsumen akan suatu produk berbeda-beda. Bisa saja sewaktu-waktu konsumen Anda mencari shampo berbentuk sachet karena hendak pergi berlibur. Jika Anda tidak menyediakannya, konsumen dapat beralih ke toko lain.
-
Segel Tidak Rusak
Terakhir, Anda pun harus memastikan segel setiap produk yang Anda jual tidak rusak. Tidak ada konsumen yang mau membeli produk dengan segel yang sudah terbuka. Nantinya ini akan menjadi kerugian bagi Anda sendiri selaku pemilik gerai.
Itulah 5 indikator produk berkualitas yang harus selalu Anda pertimbangkan ketika hendak menjualnya. Ingatlah bahwa ada produk berkualitas, ada konsumen puas. Selamat berbisinis!
Comment here